Jumat, 02 November 2018

Membaca Karya Ilmiah


1. Mendapatkan Informasi Baru yang Jarang Diketahui

Setiap karya ilmiah pasti mengangkat suatu topik permasalahan tertentu. Biasanya, topik permasalahan itu bukanlah sesuatu yang lumrah diketahui orang banyak. Topik permasalahan dalam karya ilmiah unik dan menjadi sumber informasi baru dalam dunia ilmu pengetahuan.
Dengan membaca karya ilmiah, kamu akan mendapatkan informasi baru yang jarang diketahui orang awam. Kamu akan banyak tahu akan suatu hal. Pengetahuan itu tentunya akan sangat bermanfaat terhadap kehidupan sehari-harimu.
Bila kamu sering membaca karya ilmiah tentang kesehatan, kamu akan mengetahui banyak hal mengenai dunia kesehatan. Mulai dari berbagai macam penyakit, obat untuk mengatasinya, hingga perkembangan dunia kesehatan saat ini.
Menjadi pribadi yang banyak tahu akan membuat kamu lebih mudah bergaul dan tidak ketinggalan informasi. So, seringlah membaca karya ilmiah kalau mau banyak tahu.

2. Memahami dan Mengerti Pembuatan Karya Ilmiah

Ketika membaca karya ilmiah, kamu akan membacanya dari awal hingga akhir. Terbiasa membaca karya ilmiah, secara tidak langsung akan membuatmu mengerti struktur pembuatan karya ilmiah. Mulai dari struktur logika hingga bagaimana pengemasan tata kebahasaannya.
Dengan begitu, saat kamu diminta untuk membuat karya ilmiah, kamu tidak akan merasakan kesulitan berarti. Kamu akan mengerti harus mulai dari mana dan bagaimana mengemasnya agar tulisan karya ilmiahmu dapat dipahami pembacanya.
Selain itu, sering membaca karya ilmiah akan memudahkanmu mencari topik permasalahan. Sebab, kamu sudah memahami bagaimana suatu topik permasalahan diangkat dalam suatu karya ilmiah. Kamu tahu mana topik yang unik serta menarik dan mana yang tidak. Hal itu akan memudahkanmu saat membuat karya ilmiah.

3. Mengetahui Buku Apa Saja yang Menarik Untuk Dibaca

Setiap karya ilmiah pastinya dibuat dengan menggunakan banyak buku referensi. Pada bagian daftar pustaka, kamu akan melihat rentetan buku referensi yang digunakan penulis karya ilmiah dalam menyusun tulisannya.
Berbagai buku itu tentunya ada beberapa yang kiranya membuatmu tertarik atau sesuai dengan minat bacamu. Sering membaca karya ilmiah akan memberikanmu pengetahuan akan buku akademik atau non akademik apa saja yang menarik untuk dibaca.
Biasanya, buku-buku yang digunakan sebagai sumber referensi itu merupakan buku yang cukup unik dan jarang diketahui orang banyak. Jadi, kalau kamu memiliki hobi membaca dan ingin membaca buku yang tidak pernah dibaca oleh orang banyak, carilah di bagian daftar pustaka suatu karya ilmiah. Matamu akan berbinar saat mengetahui judul-judul buku tersebut!

4. Membuatmu Memiliki Cara Pandang dan Pola Pikir yang Luas

Membaca memang suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat, apalagi kalau bahan bacaannya adalah karya ilmiah. Sering membaca karya ilmiah akan membuka cara pandangmu terhadap suatu permasalahan.
Hal itu dikarenakan dalam karya ilmiah, suatu topik permasalahan dilihat dalam beberapa perspektif yang kiranya cukup menarik. Dengan sering membaca karya ilmiah, kamu akan melihat bagaimana perspektif penulis karya ilmiah dalam membahas topik permasalahannya.
Dengan begitu, kamu akan memiliki cara pandang dan pola pikir yang luas lantaran sering melihat berbagai macam perspektif atas suatu permasalahan. Di kehidupan sehari-hari, kamu akan lebih bijaksana dalam menghadapi suatu masalah dan tidak cepat putus asa.

5. Memperkaya Pembendaharaan Kata

Saat membaca karya ilmiah, tentunya kamu akan menemukan beberapa istilah yang tidak kamu ketahui. Istilah-istilah itu biasanya berhubungan dengan bidang ilmu dari karya ilmiah tersebut. Ketika kamu sudah mengerti arti istilah ilmiah tersebut, maka kamu telah memperkaya pembendaharaan kata.
Keuntungan memiliki pembendaharaan kata ialah kamu akan sangat mudah menulis, baik itu karya ilmiah atau tulisan populer. Selain itu, tulisanmu akan lebih hidup dan menarik orang untuk membacanya.
Adapun, kata-kata yang kamu dapatkan dengan membaca karya ilmiah akan membantumu saat menyusun karya ilmiah. Sebab, kamu akan sudah mengetahui bagaimana menyampaikan isi pemikiranmu dengan menggunakan istilah yang tepat. Jadi, karya ilmiah buatanmu tidak akan membingungkan pembacanya.
6. Memahami Cara Mengimplementasikan Teori
Dalam pergaulan sehari-hari, pembendaharaan kata yang banyak akan membuat komunikasi pergaulanmu menjadi unik. Dengan menjadi unik, maka kamu akan mudah menjaring dan mendapatkan teman baru. Tentunya, kamu akan lebih menonjol dibandingkan orang lain karena keunikan gaya berbahasamu dalam berkomunikasi.
Salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam karya ilmiah ialah teori yang digunakan untuk membedah permasalahan. Ketika kamu sering membaca karya ilmiah, kamu akan mengetahui banyak teori-teori tersebut. Hal itu akan membuatmu memiliki banyak pilihan teori ketika harus membuat suatu karya ilmiah.
Selain mengetahui banyak teori, seringnya membaca karya ilmiah akan memberikan pengetahuan bagaimana mengimplementasikan suatu teori terhadap suatu permasalahan. Kamu akan mengerti bagaimana pengaplikasian teori tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan merasakan kesulitan saat memilih teori untuk menuliskan suatu karya ilmiah.
Adapun, pengetahuan atas pengimplementasian teori itu juga berguna lho untuk kehidupan sehari-hari. Kamu akan lebih cepat berpkir saat mendapatkan masalah. Selain itu, kamu tahu bagaimana harus bertindak saat ada situasi mendesak yang mengharuskanmu berpikir cepat. Terbiasa mengimplementasikan teori akan membuat otakmu lebih cepat bekerja dan bereaksi. Dengan begitu, kamu menjadi lebih peka dan responsif terhadap suatu permasalahan


Manfaat penyusunan karya ilmiah bagi penulis adalah berikut:
  • Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif;
  • Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber;
  • Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
  • Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis;
  • Memperoleh kepuasan intelektual;
  • Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan;
  • Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya

https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/6-manfaat-membaca-karya-ilmiah/
               


EmoticonEmoticon