Kamis, 01 November 2018

Ensiklopedia

                                                      ENSIKLOPEDIA

Pengertian Ensikloped

Ensiklopedi / Ensiklopedia adalah buku atau serangkaian buku yang menghimpun uraian tentang berbagai ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam artikel terpisah dan biasanya tersusun menurut abjad. Ensiklopedia merupakan buku rujukan yang sangat populer. Kata ensiklopedia diambil dari bahasa Yunani, enkyklios paideia yang berarti "sebuah lingkaran atau pengajaran yang lengkap".

Ensiklopedia (Pengertian, Jenis, Manfaat / Fungsi)

Beberapa pengertian Ensiklopedia lainnya dari beberapa sumber :

Ada beberapa pengertian ensiklopedia (dari berbagai sumber), yaitu :
  1. Ensiklopedia adalah bahan rujukan yang menyajikan informasi secara mendasar namun lengkap mengenai berbagai masalah dalam berbagai bidang atau cabang ilmu pengetahuan; di samping itu ada pula ensiklopedia yang hanya mencakup satu cabang ilmu pengetahuan. Ensiklopedialazimnya disusun menurut abjad. Pada umumnya ensiklopedia yang cakupan subyeknya luas  terdiri dari beberapa jilid disertai dengan indeks atau penjurus dijilid secara terpisah untuk menunjukkan letak informasi yang dibutuhkan di dalam ensiklopedia itu. (Abdul Rahman Saleh, 2009:78-79)
  2. Ensiklopedia yaitu suatu wadah untuk mengumpulkan keterangan-keterangan segala cabang ilmu pengetahuan yang memberikan pengertian dasar yang bersifat umum sampai pada keterangan-keterangan yang lebih lanjut. Ensiklopedia adalah suatu daftar subjek yang disertai keterangan tentang definisinya, dan latar belakangnya serta bibliografinya. Materinya disusun secara alfabetis dan sistematis. Dikerjakan oleh para ahli dalam bidangnya masing-masing dan diawasi oleh beberapa editor. Maka ensiklopedialah yang kerap dipakai daripada buku-buku reference lainnya. (Noerhayati S., 1988:203)
  3. Ensiklopedia adalah sejumlah tulisan yang berisi tentang penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.
  4. Ensiklopedia merupakan artikel-artikel yang dibutuhkan sebagai sarana informasi ensiklopedia salah satu bidang ilmu pengetahuan dalam mengetahui pengetahuan yang diinginkan oleh pengguna.
  5. Ensiklopedia adalah buku atau serangkaian buku yang menghimpun keterangan atau uraian tentang berbagai hal di bidang seni dan ilmu pengetahuan yang disusun menurut abjad atau menurut lingkungan ilmu. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Sumber : http://www.artikelmateri.com/2016/09/ensiklopedia-pengertian-jenis-manfaat-fungsi-adalah.html


EmoticonEmoticon